Cara Mengatasi WC Mampet

Cara Mengatasi WC Mampet

Cara Mengatasi WC Mampet – Permasalahan yang kerap kali terjadi seperti WC tersumbat tentu saja sangat mengganggu pemiliknya. Namun, cara mengatasinya sangatlah beragam. Ada baiknya juga sebelum memperbaiki saluran yang tersumbat, mencari penyebab WC bisa mampet. Supaya bisa cepat mengatasinya, sehingga dapat mengefisienkan waktu tanpa memanggil jasa sedot WC Surabaya.

 

Faktor penyebab WC Mampet

Beberapa faktor yang menjadi penyebab WC mampet ini kerap kali terjadi saat awal pembuatan saluran pembuangan dan belum banyak orang mengetahuinya.

 

1. Saluran Pada Pipa PVC Tinja Sangat Kecil

Terhambat nya kotoran menuju ke penampungan limbah atau septic tank bisa di sebabkan oleh kesalahan terhadap desain saluran pipa PVC. Kemiringan pada elevasi pipa dan juga besarnya diameter pipa PVC sangatlah berpengaruh. Jika diameter pipa kurang dari 4 inci, maka WC akan sering mampet.

 

2. Kemiringan Pada Pipa PVC yang Terdapat Pada Saluran Tinja

WC yang mampet juga bisa dikarenakan pipa PVC kurang dari 30 cm dari permukaan air kloset, menuju septic tank. Sebab kemiringan suatu pipa PVC berpengaruh terhadap jauhnya jarak dari kloset menuju kolam kotoran.

 

3. Penggunaan Elbow Pipa PVC Lebih dari Satu

Hal yang harus di lakukan adalah meminimalkan belokan dari pipa PVC. Apabila Elbow pipa PVC lebih dari satu, maka WC akan sering tersumbat. Oleh karena itu, periksa saluran pipa dan jangan sampai ada kesalahan terhadap desain WC

 

4. Ada Benda-Benda Keras Yang Menyumbat Saluran WC

Benda-benda keras seperti kotoran anorganik yang menumpuk, plastik, pembalut wanita, bungkus sampo juga bisa menyumbat WC. Jika hal sepele seperti itu terus berlanjut, maka WC tidak akan bisa di gunakan lagi. Oleh karena itu, sediakan tempat sampah di dalam WC supaya kebiasaan buruk itu bisa di kurangi.

 

5. Septic Tank Yang Tidak Memiliki Pembuangan Gas

Berbahaya jika septic tank tidak memiliki pembuangan gas. Kotoran juga akan sangat lama menuju tempat kolam pembuangan. Hal itu di akibatkan adanya tekanan balik dari dalam septic tank termasuk gas metana alami yang akan sangat mudah terbakar. Apabila ada sedikit sulutan api sedikit saja, septic tank bisa meledak. Oleh sebab itu, jangan masukkan puntung rokok yang masih menyala ke dalam WC.

Baca juga : Manfaat Sedot WC Surabaya Dan Tips Memilih Layanan Sedot WC Surabaya

Cara Mengatasi WC Mampet

Cara Mengatasi WC Mampet

Ada beberapa cara alami yang bisa di gunakan untuk mengatasi WC yang mampet tanpa memanggil jasa sedot WC Surabaya:

 

1. Memakai Cuka dan Baking Soda

Cara mengatasi WC mampet secara alami dapat menggunakan bahan-bahan yang terdapat di dapur seperti cuka dan juga baking soda. Langkah untuk menggunakannya juga cukup mudah. Hanya perlu menaburkan bubuk baking soda dan cuka ke lubang WC tunggu hingga 1 jam baru di siram dengan air.

 

2. Menggunakan Kombinasi Air Panas dan Air Sabun

Cara alami yang satu ini juga cukup efektif untuk mengatasi WC mampet. Siapkan bahan-bahan seperti secangkir sabun cuci piring yang cair, air panas yang cukup banyak, dan juga handuk. Langkah penggunaan nya yaitu tuang sabun cuci piring tadi ke dalam lubang toilet, diamkan sabun terlebih dahulu sehingga mengendap. Setelah itu tuang air panas. Lalu gunakan handuk di samping WC untuk mencegah air tumpah ke lantai.

 

3. Memakai Gantungan Baju Jenis Kawat

Penyebab WC mampet biasanya karena banyaknya sampah yang menumpuk tidak terlalu jauh dari arah corong toilet. Cara penggunaan nya cukup dengan membentuk gantungan baju menjadi lurus. Bungkus gantungan kawat dengan kain perca ataupun selotip agar tidak merusak WC. Lalu masukkan alat tersebut ke dalam WC, jika ada benda yang terdorong berarti air akan menyusut.

 

4. Menggunakan Plunger

Cara selanjutnya bisa juga menggunakan alat khusus penyedot toilet seperti plunger. Cara menggunakannya cukup mudah cukup dengan menempelkan plunger pada lubang WC lalu tarik sampai air benar-benar menyusut. Alat ini bisa di siapkan jauh-jauh hari. Hal itu untuk berjaga-jaga bila di kemudian hari WC macet.

 

5. Menggunakan Plastik untuk Membungkus Makanan

Plastik pembungkus makanan juga dapat di gunakan untuk mengatasi WC mampet. Caranya siapkan plastik bening yang biasa di gunakan untuk membungkus buah atau sayuran di super market. Pasang untuk menutupi dudukan WC. Pasti plastik sudah bener-bener terpasang. Lalu tekan tombol flush bila menggunakan WC duduk. Lakukan secara berulang sampai tidak tersumbat lagi.

 

6. Memakai Garam dan Air Panas

Penggunaan garam batu juga termasuk ampuh untuk mengatasi permasalahan WC yang mampet. Cara mengaplikasikannya cukup dengan menunggu air yang berada di dalam toilet sedikit menyusut. Tuang garam sekitar 500 gram. Masukkan juga 1 liter air mendidih. Kemudian diamkan sekitar 8 jam supaya benda yang besar tidak menyumbat WC lagi.

 

7. Memakai Soda Api

Soda api sangat bereaksi dengan air yang akan menimbulkan gelembung. Hal itu menjadi pertanda benda atau kotoran yang menyumbat WC sedang dalam proses penghancuran. Meski berbentuk padat soda api dapat larut ketika sudah di masukkan ke lubang WC. Sediakan soda api ini jauh-jauh hari. Supaya tidak perlu mengeluarkan uang banyak lagi, karena WC yang mampet.

 

8. Menggunakan Produk Enzimatis

Produk enzimatis ini dapat di gunakan untuk menghancurkan kotoran organik, tapi bukan padat  yang menyumbat WC. namun perlu berhati-hati untuk penggunaannya karena ini termasuk zat yang beracun dan memiliki sifat yang bisa merusak saluran pembuangan. Oleh karena itu, gunakan bahan ini sebagai langkah yang terakhir.

 

9. Memakai Pemutih Pakaian dan Deterjen

Cara selanjutnya dengan Campuran pemutih pakaian dan deterjen dapat mengatasi WC mampet. Masukkan ke dalam lubang toilet. Diamkan beberapa saat dan juga siram beberapa kali. Penggunaan bahan-bahan ini dapat mengikis gerak dan menghancurkan kotoran yang menyumbat saluran toilet.

 

10. Menggunakan Penyedot Debu

Kita juga dapat menggunakan penyedot debu. Namun, sebelum menggunakan alat yang satu ini pastikan air yang terdapat di kloset sudah kering. Hal itu untuk mempermudah penyedotan atau benda yang keras. Masukan vacuum cleaner secara perlahan nyalakan selama beberapa menit sampai WC tidak tersumbat lagi.

 

11. Memakai Botol Plastik

Penggunaan botol plastik ini untuk mengeluarkan air dari dalam saluran WC. Lalu isi botol plastik dengan air hangat. Langkah selanjutnya adalah meletakkan ibu jari pada atas botol. Sesuaikan ujung dari atas botol pada bagian bawah toilet. Tekanan dari botol dapat menghilangkan permasalahan yang menjadi pemicu penyumbatan WC.

 

12. Memanfaatkan Plumbing Snake

Alat plumbing snake merupakan kawat yang sangat lentur dan dapat mengikuti lekukan dari saluran air. Alat ini dapat masuk hingga ke saluran terdalam. Jika sudah sampai pada tempat yang menjadi sumbatan langsung dorong menggunakan plumbing snake. Supaya WC lancar kembali.

Cara mengatasi WC mampet tidak mesti harus mengeluarkan budget yang besar. Cukup gunakan bahan-bahan yang ada di rumah, tanpa perlu bongkar pasang WC. Hal itu tentu saja menguras biaya dan juga waktu. Oleh karena itu, coba dulu gunakan cara dan bahan alami. Apabila Anda tidak ingin repot, silahkan anda memanggil jasa sedot WC Surabaya CV Jasa Mandiri.

 

Cara Mengatasi WC Mampet

Bantu Share Kak :D
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

PESAN SEKARANG